Berlangganan

RESEP RENDANG AYAM PEDAS

Rendang merupakan masakan yang kaya akan bumbu dan rempah khas masyarakat Minang, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik cara memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda. Daging ayam adalah satu diantaranya yang enak dimasak dengan bumbu rendang. Sebenarnya sering juga merasa malas untuk memasak dengan baragam bumbu dan enaknya yang praktis-praktis saja. Akan tetapi sesekali harus dipaksakan juga karena mengingat pentingnya variasi masakan dalam menu makan sehari-hari untuk mencegah kejenuhan selera makan dan yang lebih penting lagi adalah supaya lebih disayang suami. Penasaran ingin mencoba? cara untuk membuat ayam bumbu rendang dengan cita rasa pedas nan lezat dapat dilihat dalam kreasi resep berikut ini.



Bahan dan bumbu :

    1 kg daging ayam, potong-potong beberapa bagian menurut selera lalu rendam dengan perasan jeruk nipis
    1,5 liter air
    1 sdm air asam jawa
    3 cm lengkuas, geprek
    3 lembar daun salam
    2 lembar daun jeruk
    3 batang serai, geprek
    1 sdm gula merah
    1 sdm garam atau secukupnya
    1 sdt merica
    1 sdt kaldu bubuk rasa ayam

Haluskan :

    10 buah cabe merah besar
    7 buah cabe rawit
    12 butir bawang merah
    8 siung bawang putih
    3 butir kemiri sangrai
    1 sdt ketumbar
    3 cm jahe
    2 cm kunyit

CARA MEMBUAT RENDANG AYAM PEDAS :

    Campurkan bumbu yang sudah halus dengan santan, air, air asam, lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk rata kemudian didihkan sambil diaduk, setelah mendidih dan keluar minyak dari santannya beri garam, merica, gula merah dan kaldu bubuk lalu aduk.
    Masukkan daging ayam dan masak sampai mendidih dan kuah bumbu menyerap sampai kuahnya mengental dan hampir habis. Jangan lupa untuk mengaduk sesekali saat memasak atau kuahnya masih banyak. Angkat setelah matang, tuang dalam piring saji lalu hidangkan.